Selasa, 24 Maret 2015

Cara menghilangkan bintik putih pada wajah



Selain panu, bintik putih pada wajah ternyata banyak penyebab dan macamnya. Riwayat keluarga juga harus ditelusuri untuk memastikan bintik putih ini, karena adakalanya memang faktor keturunan. Sebelum kita mencoba menghilangkan bintik putih pada wajah, terlebih dahulu harus diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Hati-hati dengan asal coba obat oles, karena bila salah bisa membuat kulit melepuh.
Bintik putih pada wajah bisa disebabkan tak kuatnya wajah terhadap sinar matahari yang terlalu ekstrim, dan pengobatannya pun sebenarnya mudah, yakni harus berjemur dibawah sinar matahari, namun jangan biarkan keringat timbul, jadi harus di lap secara terus menerus. Atau juga bisa memakai lampu yang mengandung sinar ultra violet, namun hal ini malah menguras biaya.
Bisa jadi, karena efek penggunaan kosmetik tertentu bintik putih di wajah bisa muncul. Ini biasa terjadi pada wanita yang sering ganti merk kosmetik, atau tidak cocok dengan bahan kimia yang terkandung didalamnya. Menghindari bintik putih pada wajah disebabkan kosmetik ini paling mudah adalah langsung hentikan pemakaian dan segera konsultasi ke ahli kulit.
Penyakit sistemik yang bisa timbulkan bercak putih, yakni vitiligo, seperti penyakit kelenjar gondok, kelenjar anak ginjal dan kencing manis, ternyata berefek pada kulit, dan ini bisa menimbulkan bercak putih di wajah. Penyakit ini sangat sulit penanganannya, karena harus obati dulu sakit sistemiknya. Karena bisa jadi saat dioleskan salep, tidak boleh terlalu lama karena bisa melepuh, jika minum obat, harus dua jam sebelum berjemur. Padahal obat itu bisa rusak fungsi hati, serba salah. Untuk itu fungsi hati harus selalu di monitor.
Bercak putih karena unsur usia. Semakin tua seseorang, maka aktifitas pigmen banyak terganggu. Namun ini juga dipengaruhi suku atau ras seseorang. Ras Negroid jarang terjadi bercak putih karena usia ini, namun sangat sering diderita ras Kauka-soid.
Yang perlu diingat dalam menghilangkan bintik putih pada wajah adalah dengan mengetahui penyebabnya. Jika tyrosine dalam tubuh itu sedikit, maka yang ditingkatkan adalah makanan yang bergizi. Jika Pityriasis alba bisa ditanggulangi dengan sinar matahari. Namun terapi untuk jenis ini penderita tak boleh terkena air atau keringat. Terapi akupuntur juga dianggap bisa meminimalisasi bercak putih ini. Kenali macam bercak putih diwajah sebelum lakukan pengotan yang tepat, konsultasi dokterlah jika perlu penanganan lebih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;